Senin, 20 Mei 2013

Denial of Service


Denial of Service atau yang biasa disebut DoS merupakan salah satu ancaman serangan yang sering terjadi  di dalam sistem jaringan sehingga layanan server atau host tidak sampai kepada client dan biasanya dapat membuat server menjadi hang. Walau Dos hanya bersifat sebatas membanjiri jaringan server, akan tetapi serangan ini dapat berakibat buruk dan menimbulkan kerugian besar bagi pemilik server atau host.

DoS merupakan usaha untuk melumpuhkan sistem target atau membuat sistem pada target tidak dapat memberikan layanan-layanan yang seharusnya di berikan oleh sistem tersebut.

Serangan DoS biasa terjadi pada layer physical. Layer physical merupakan layer OSI yang paling bawah. Layer physical berfungsi untuk mengatur pengiriman dan penerimaan bit data melalu media transmisi seperti kabel UTP/STP dan lain-lain. Pada layer physical serangan DoS dapat dilakukan dengan memasukkan traffic palsu ke dalam sistem jaringan untuk membuat layanan jaringan tersubut menjadi berkurang sehingga server atau host tidak dapat berhubungan dengan client atau layanan- layanan yang ada pada server menjadi tidak berfungsi. Serangan DoS ini juga dapat dilakukan dengan menggunting kabel pada server sehingga client tidak dapat terhubung dengan server.

Selain di layer physical, serangan DoS juga dapat terjadi pada layer network. Layer network merupakan layer OSI ketiga yang berfungsi untuk menentukan jalur komunikasi data yang biasa disebut routing. Serangan DoS pada layer ini biasa disebut Smurf Attack. Serangan ini dilakukan dengan menggunakan perintah ping yang dikirim ke alamat broadcast. Jika sistem yang tersebut terhubung ke alamat broadcast tersebut terdiri dari banyak komputer, maka sumber daya jaringan tersebut akan habis dan membuat layanan server menjadi lambat.

Pencegahan-pencegahan yang dapat kita lakukan yaitu:
·         Menerapkan filter router untuk menyaring data yang tidak penting
·         Menerapkan sistem kuota pada jaringan kita untuk mengatur sumber daya jaringan
·         Sesering mungkin memantau aktivitas-aktivitas di sistem kita
·         Rutin memeriksa keamananfisik jaringan
·         Memasang firewall


Tidak ada komentar:

Posting Komentar